Minggu, 28 Februari 2016

Mengenal Bahasa Jepang

Bahasa jepang (日本語 : Nihongo) merupakan bahasa resmi negara jepang. Bahasa Jepang terbagi kepada dua bentuk yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum.
Dalam bahasa jepang terdapat 3 macam bentuk tulisan. seperti tulisan Katakana,Hiragana, dan Kanji.
Bahasa Jepang yang kita kenal sekarang ini, ditulis dengan menggunakan kombinasi aksara Kanji, Hiragana, dan Katakana. Kanji dipakai untuk menyatakan arti dasar dari kata (baik berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, atau kata sandang). Hiragana ditulis sesudah kanji untuk mengubah arti dasar dari kata tersebut, dan menyesuaikannya dengan peraturan tata bahasa Jepang...

Contoh tulisan Jepang (Hiragana)


  • tulisan (Katakana) biasanya dipakai dalam penulisan kata-kata yang asing. contohnya seperti penulisan nama orang asing (luar jepang).
  • tulisan (Hiragana) biasanya dipake dalam penulisan jepang selain kanji. contohnya dalam penulisan nama orang jepang.
  • tulisan (Kanji) adalah huruf yang terdiri dari campuran huruf jepang dan china. huruf kanji dipakai dalam kehidupan sehari-hari orang jepang.

Hitungan dalam bahasa jepang:

一 (Ichi) : Satu
二Ni      : Dua
三 (San)  : Tiga
四 (Yon)  : Empat
五 (Go)   : Lima
六 (Roku) : Enam
七 Nana   : Tujuh
八 (Hachi): Delapan
九 (Kyu)  : Sembilan
十 (Ju)   : Sepuluh


Dalam bahasa jepang, angka-angka ini tidak bisa digunakan seperti itu saja untuk menyatakan sebuah jumlah dari sebuah barang, waktu dan sebagainya. Pertama-tama jenis barangnya harus dipertimbangkan, lalu ukurannya, dan akhirnya jumlahnya. Cara berhitung untuk waktu dan tanggal pun berbeda-beda, maka satu hal yang harus dilakukan adalah menghafalkan cara angka-angka ini bergabung dengan satuannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar